Rekrutmen PKHI 1436H/2015M

Oleh: dr. Mawari Edy,M.Epid. Kepala Bidang Pelayanan dan Pendayagunaan Sumber Daya Kesehatan Haji, Pusat Kesehatan Haji.

Rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia untuk musim haji tahun 1436-H/2015-H, sudah dimulai. Dari 10 (sepuluh) tahapan rekrutmen, tahap pembuatan NA (nomor akun) dan NF (nomor formulir) sudah berlangsung. Per 30 Nopember 2014 pukul 05:30 WIB telah terdaftar sebanyak  10.947 peminat mengambil NF1436.

Tahapan rekrutmen tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya (Simak: Tahapan Rekrutmen PKHI 2014 (1) dan (2). Adapun ketentuan dan prosedurnya mengalami penyempurnaan agar lebih baik dan praktis. Selain ketentuan yang masih berlaku sebagaimana tahun sebelumnya, berikut tambahan ketentuan yang perlu dipersiapkan para peminat:

  1. Diutamakan BUKAN PEROKOK. Peminat diminta untuk membuat pernyataan bermaterai tentang merokok atau bukan perokok. Tim Rekrutmen akan lebih memilih petugas dengan status bukan perokok. Bagi peminat yang masih merokok, mulailah berhenti menghisap rokok.Adapun implementasi teknisnya akan ditambahkan dalam prosedur setiap tahapan seleksi. Simak: PKHI 1436 H Diutamakan Bukan Perokok.
  2. Penguasaan Bahasa Inggris. Peminat diminta untuk menyertakan hasil TOEFL dalam berkas kelengkapan, berapapun angkanya. Daftar kelengkapan persyaratan PKHI tahun 2015 sesuai jenis tugas akan disampaikan menyusul. Sebagai informasi kelengkapan syarat tahun 1435H/2014, Unduh: Kelengkapan Berkas Pendaftaran PKHI Tahun 2014.
  3. Memiliki kartu JKN/BPJS-Kesehatan. Ketentuan ini ditambahkan sebagai dukungan sinergis terhadap program pencapaian cakupan kepesertaan semesta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), termasuk memberikan jaminan akses pelayanan kesehatan bagi calon petugas selama masa rekrutmen.
  4. Tambahan materi Tes Potensi, dengan: Bahasa, Syariat (Fatwa MUI). Bahasa yang akan disiapkan adalah bahasa inggris dan bahasa Arab, dengan tingkat penguasaan bahasa keseharian. Materi fiqh haji sudah masuk dalam materi pertanyaan pada tahun 1435-H, dengan tambahan fatwa spesifik pada lingkup kesehatan haji.  Tes potensi wajib diikuti semua peminat dan menjadi tahapan sebelum pengambilan NR1436 secara elektronik dan hasilnya dilampirkan.
  5. Memperkuat Uji Kompetensi Teknis. Materi modul PKHI akan dapat diperoleh secara elektronik. Penguasaan materi spesifik kesehatan haji (pengetahuan dan ketrampilan) akan diuji. Teknis uji akan diinformasikan selanjutnya. Beberapa modul untuk TKHI dapat disimak pada artikel: Modul Pelatihan Kompetensi TKHI 1436 H.

Dukungan teknologi informasi

pada aplikasi e-rekrutmen telah diperkaya dengan fasilitas presensi elektronik kegiatan ilmiah Kesehatan Haji, sehingga konfirm

asi kepesertaan peminat pada suatu acara tertentu dapat dikonfirmasikan secara cepat dan akurat. Juga, keikutsertaan peminat sebagai petugas pemeriksaan kesehatan jemaah haji akan dikonfirmasikan pada database Sistem Informas dan Manajemen Kesehatan Haji, khususnya e-BKJH. Disarankan kepada peminat yang telah berpartisipasi aktif dalam pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji agar memastikan namanya masuk sebagai pengguna (user)

dan atau petugas yang tercantum dalam database. Artikel: ME/30/11/2014.

http://puskeshaji.depkes.go.id/we

bs/berita-431-rekrutmen-pkhi-1436h2015m.html#.VIjAPVegNkj

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s